Rabu, 21 September 2011

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat tomat atau dalam bahasa latinnya Lycopercisum Esculentum, bisa menjadi sangat berguna untuk kesehatan kita dalam menunjang tujuan gaya hidup sehat secara alami. Ada banyak jenis makanan dan minuman yang telah beredar di pasaran, namun makanan dan minuman tersebut belum tentu akan memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh anda. Nah, sebagai suatu pilihan yang bijak untuk menunjang kebugaran dan kestabilan pada tubuh kita, tomat dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kita  konsumsi.
Menyadari bahwa kehidupan di kota sudah tidak/kurang sehat  lagi karena jenis makanan yang banyak beredar secara luas memiliki zat kimia yang berlebihan dan dapat merugikan kesehatan kita, maka sampai-sampai ada Istilah gaya hidup Back to Nature, yaitu gaya hidup yang dimana kita mengkonsumsi makanan dan minuman secara alami dan bukan yang olahan-olahan seperti misalnya junk food.
Nah, Berikut ini akan saya jelaskan 14 kedahsyatan manfaat tomat bagi kesehatan tubuh manusia.
1. Setiap 100 gram buah tomat, memiliki kandungan gizi sebagai berikut: 1000 UI vitamin A, 23 mg vitamin C, 11 mg kalsium, 27 mg fosfor, 1 gram protein, 360 mg kalium, 6 mg besi, 0, 56 mg thiamine, 20 mg kalori, dan vitamin K.
2. Buah tomat memiliki manfaat yang beberapa diantaranya adalah tomat memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaatnnya : Tomat dapat membantu Mencegah terjadinya penggumpalan darah, Tomat juga dapat mengatasi tubuh yang terlalu kelelahan, dan Tomat juga dapat meningkatkan kuantitas/jumlah sperma pria.
3. Perlu anda ketahui bahwa mayoritas masyarakat Perancis bahkan menjuluki buah tomat  dengan istilah “apel cinta”.  Buah tomat dijuluki seperti itu karena buah tomat diyakini mampu mengobati penyakit lemah syahwat.
4. Berdasarkan Penelitian yang dilakukan oleh Dr. John Cook Bennet dari Willoughby University di Ohio pada November 1834, memberikan kesimpulan bahwa buah tomat juga berguna untuk dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit seputar  gangguan pencernaan seperti: Penyakit diare, penyakit empedu, pemulihan pada fungsi liver, dan juga tomat dapat menjadi pencegah penyakit kolera. Dan juga ketika diteliti lagi 120 tahun kemudian, ada ilmuwan yang bernama Yumi Tohuoko dalam bukunya yang berjudul The Tohoku Journal of Experimental Medicine, yang diterbitkan oleh Tohoku University, di Jepang, mendukung hasil penelitian yang sebelumnya pernah dilakukan oleh Bennet. Ternyata memang benar, Secara klinis, tomat sudah terbukti secara efektif dapat menyeimbangkan gangguan pada fungsi lever.
5. Ada sebuah penelitian yang ada di AS mengatakan bahwa mereka telah berhasil mengembangkan zat antioksidan lycopene pada buah tomat, kandungan nya mencapai 3 kali lipat dari tomat yang biasanya. Dikabarkan juga bahwa tomat jenis ini ternyata tidak mudah menjadi busuk dan buahnya pun berkualitas. Tomat jenis ini akan terus dilakukan pengembangan produksinya sebagai salah satu usaha mencegah penyakit kanker yang ada pada manusia.
6. Ternyata dengan mengkonsumsi buah tomat minimal sebanyak 2 kali dalam waktu satu minggu dapat juga membantu meminimalisir terjadinya resiko penyakit kanker prostat, persentase minimalisirnya berkisar antara 21 sampai 43 persen.
7. Ada kandungan dalam tomat yang bernama tomatine yang memiliki khasiat untuk mengobati penyakit radang, dan ada juga kandungan bernama karotine dan vitamin C yang bermanfaat sebgai antioksidan, dan kandungan lainnya misalnya adalah zat asam sitrat yang berguna untuk mengangkat kotoran pada wajah dan mengangkat lemak pada wajah.
8. Dengan mengkonsumsi buah tomat secara teratur juga dapat bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit kita dari dalam, karena tomat dapat bermanfaat untuk mengatasi kerutan pada wajah kita yang disebabkan oleh pertambahan usia kita.
9. Kandungan yang bernilai salah satunya adalah antioksidan lycopene, kandungan yang ada  pada tomat  atau pasta tomat  ini ternyata berkhasiat juga untuk mengurangi resiko kerutan yang terjadi pada wajah kita, bintik hitam yang terjadi akibat terkena sinar matahari, dapat mengatasi/mencegah penyakit kanker, dan juga penyakit jantung. Lycopene buah tomat ini dapat menjadi suatu senjata yang ampuh mengatasi radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit kita, dan menurut informasi yang saya peroleh lycopene ternyata juga dapat meningkat sebanyak 4 kali lipat dari tomat biasa jika tomat dimasak dengan baik dan benar.
10. Anda juga bisa memanfaatkan buah tomat yang telah matang sebagai alternatif obat jerawat. Silahkan anda potong  terlebih dahulu tomat menjadi beberapa potong, dan kemudian gosok tomat yang sudah dipotong tadi secara perlahan di wajah anda yang berjerawat. Sebuah testimoni yang di temui adalah, jerawat yang ada pada wajah kita nantinya akan hilang sendiri setelah dilakukan “pengobatan” tadi, lakukanlah dalam waktu 1 bulan.
11. Buah Tomat ini ternyata kaya akan garam mineral, garam mineral ini berguna untuk merangsang aliran air liur kita. Dan Mineral ini juga nantinya dapat berguna untuk merangsang nafsu makan kita, dan garam mineral ini pun juga dapat membuat makanan yang kita makan akan lebih mudah dicerna oleh tubuh.
12. Ramuan tomat juga ternyata berkhasiat dapat menyembuhkan keseleo. Pertama tama hancurkan terlebih dahulu tomat dengan blender, dan kemudian silahkan campurkan dengan wijen. Dan kemudian panaskan hingga ramuan tadi mengeluarkan minyak, dan minyak tersebut silahkan anda  gunakan memijat sendi anda yang keseleo.
13. Tomat juga dapat menyembuhkan bisul, caranya adalah panaskan terlebih dahulu daging dan juga biji tomat, kemudian letakan ramuan tadi tepat di atas bisul Anda. Dengan begini bisul yang diletakan dengan ramuan tomat tadi  akan lebih cepat pecah dan lebih cepat sembuh.
14. Di tomat juga ada kandungan beta carotene, kandungan ini juga berkhasiat dapat meningkatkan kesehatan mata kita.
Ayo, mulai sekarang konsumsi tomat secara teratur, dan rasakan manfaatnya yang sudah saya jabarkan seperti diatas, oiya, kalau ada yang ingin menambahkan apapun mengenai tomat, silahkan berikan komentar di bawah ini.
Semoga berguna.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes