Rabu, 21 September 2011

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Kali ini saya akan membahas mengenai manfaat kopi untuk kesehatan, banyak para penikmat kopi yang selalu menyempatkan diri untuk meminum kopi setiap paginya, mereka biasanya meminum kopi untuk alasan bahwa dengan secangkir kopi maka semangat pagi akan tercurah, ya hal ini memang benar, karena kopi sendiri mengandung kafein yang dimana kafein tersebut dapat membuat orang merasakan sensasi segar, semangat dan tidak mengantuk.
Masih ada manfaat lain dari kopi ini, nah, pada lanjutan artikel di bawah ini saya akan mulai membahas satu persatu mengenai manfaat yang ada pada kopi:
1. Manfaat kopi yang pertama adalah kopi dapat mengurangi resiko diabetes. diketahui sudah ada Dua puluh studi yang telah dilakukan di seluruh belahan dunia yang menunjukkan bahwa ternyata kopi dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 sampai dengan 50 persen. Setelah di lakukan penelitian ternyata para peneliti membuat suatu dugaan bahwa zat asam klorogenik yang pada kopi dapat berguna untuk memperlambat penyerapan gula yang ada pada pencernaan. Asam klorogenik juga dilansir dapat merangsang pembentukan GLP-1, salah satu zat kimia yang dapat meningkatkan kadar insulin (yaitu hormon yang berperan mengatur penyerapan zat gula ke dalam sel-sel tubuh kita). Zat lain yang ada dalam kopi yang lainnya yaitu trigonelin (pro vitamin B3) , zat ini diyakini juga dapat berguna memperlambat penyerapan glukosa dalam tubuh.
2. Kopi juga dapat mengurangi Resiko penyakit Kanker. Riset yang sudah dilakukan beberapa kali menunjukkan hasil bahwa ternyata kopi dapat mengurangi risiko penyakit kanker hati, penyakit kanker payudara dan penyakit kanker usus besar.
3. Kopi juga dapat melindungi Sirosis (penyakit hati), terutama sirosis (penyakit hati) yang disebabkan karena telah kecanduan alkohol.
4. Kopi berguna juga untuk mencegah penyakit saraf. Kandungan antioksidan yang ada pada kopi dapat mencegah kerusakan sel yang dimana kerusakan ini berkaitan dengan penyakit Parkinson. Sedangkan kafein yang ada dalam kopi dapat berguna  untuk menghambat peradangan pada otak kita, yang biasanya suka dikaitkan dengan penyakit Alzheimer.
5. kopi bermanfaat juga untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan penyakit stroke. Ada sebuah studi yang dilakukan kepada lebih dari 83.000 wanita yang sudah berusia lebih dari 24 tahun ternyata telah menunjukkan bahwa mereka yang biasanya minum dua sampai tiga cangkir kopi dalam satu hari ternyata memiliki resiko terkena penyakit stroke 19 persen lebih rendah dibandingkan kepada mereka yang tidak biasa minum kopi. Studi yang dilakukan terhadap sejumlah pria yang ada di Finlandia juga menunjukkan hasil yang sama.
6. Kopi berguna juga untuk menghambat penurunan fungsi kognitif otak. Studi yang dilakukan kepada 4.197 wanita dan juga 2.820 pria yang ada di Perancis memberikan kesimpulan bahwa jika kita meminum setidaknya tiga cangkir kopi dalam satu hari diyakini dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak sebanyak 33 persen pada wanita akibat terjadinya penuaan. Namun, ternyata manfaat  yang di rasakan oleh wanita ternyata berebeda dengan yang dirasakan pada pria. Entah mengapa hal ini terjadi, mungkin bisa saja karena kaum wanita lebih peka terhadap zat kafein yang ada pada kopi.
7. Seperti yang sudah dituliskan pada baris pertama bahwa karena zat kafeinnya kopi juga dapat membangkitkan stamina kita, semangat kita dan bahkan ketika mengantuk kita bisa menunda rasa kantuk itu dengan memium kopi, makanya tidak jarang minuman energi mengandung kafein untuk penyegaran.
8. Kopi juga dapat mengatasi masalah selulit. Tip mengatasi selulit dengan kopi :   pertama-tama siapkan  dulu 2 cangkir bubuk kopi, ½ cangkir gula atau bisa juga dengan garam laut, dan kemudian 2-3 sendok teh minyak untuk pijat (minyaknya bisa minyak zaitun atau bisa juga dengan baby oil). kemudian silahkan campurkan semua bahan-bahan ke dalam sebuah mangkok dan kemudian anda oleskan campuran tadi  pada bagian tubuh yang ada selulit, dan silahkan lakukan pijatan dengan cara melakukan gerakan memutar.
9. Kopi juga diyakini dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pada pria (iyalah pria, masa wanita hehehe). Hal ini ditemukan dalam sebuah jurnal hasil konferensi American Society for Reproductive Medicine, yang ada di San Antonio, jurnal tersebut  menyebutkan bahwa ada suatu studi yang dilakukan oleh kelompok peneliti yang berasal dari Universitas Sao Paulo, di Brasil yang menyebutkan  bahwa pria biasanya rutin meminum segelas kopi di setiap pagi ternyata mempunyai sperma yang dapat berenang lebih agresif dibandingkan dengan pria yang tidak pernah/jarang sekali meminum kopi di waktu pagi hari.
10. Kafein yang ada pada kopi dilansir juga dapat menangkal radikal bebas, dan kafein ini dapat menghancurkan molekul yang bisa merusak sel DNA.
Sekian dari manfaat kopi ini, jika ada yang memiliki pendapat baru, silahkan komentar di bawah ini

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes