Sabtu, 08 Oktober 2011

Puisi "Aku Ingin" karya Supardjo Djoko Darmono

Tugas B.Indo bwt anak2 kelas XII RPL/TKJ

"Puisi Aku Ingin Mencintaimu dg Sederhana"

aku ingin mencintaimu dengan sederhana

dengan kata yang tak sempat diucapkan

kayu kepada api yang menjadikannya debu

aku ingin mencintaimu dengan sederhana

dengan isyarat yang tak sempat disampaikan

awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.

Menurut Ane kata apresiasi puisi : dalam “aku ingin” penyair ingin menyampaikan bahwa cinta sejati itu tidak perlu dinyatakan dalam kata-kata yang berbunga-bunga, atau disertai janji-janji muluk. cinta sejati kadang bersifat misterius, yaitu dengan kata yang tak sempat diucapkan. cinta antara kedua makhluk itu begitu sederhana dan luluh bersatu seperti luluhnya kayu dalam api yang menjadikannya abu.

cinta sejati juga tidak perlu isyarat-isyarat. hati kedua insan yang saling bertautan dan membuat keduanya lebur dan musnah seperti awan kepada hujan yang menjadikannya tiada. setelah awan dan hujan menyatu, mereka berdua siap dalam ketiadaan.

Menurut ane yg agak sedikit sok tau : aku ingin mencintai dengan sederhana… penulisnya pinter banget dah, dengan adanya kata-kata “sederhana”, puisinya bahkan dibuat dengan sederhana. seolah-olah semuanya sederhana, tidak perlu banyak sanjungan ( bahkan tanpa ), tidak perlu ada janji-janji didalamnya. tidak perlu berpuluh-puluh kalimat ( hanya 6 kalimat dan 2 kalimatnya hanya perulangan ), iya… aku ingin mencintaimu dengan sederhana. tapi ga tau, menurut sayah, mungkin sebuah kenaifan ada didalamnya. yah… mungkin

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes